Selasa, 04 Desember 2012

Mathics Games


Judul Permainan       : HOW TO GET A SUCCESS?
a.      Durasi waktu             : 5 s.d. 10 menit
b.      Jumlah Peserta          : Tak terbatas (idealnya jumlah peserta banyak)
c.       Peratalan                    : Kertas, Alat tulis (Pensil/Pena), Papan tulis
d.      Prosedur Permainan :
1.      Fasilitator menyampaikan prolog tentang SUKSES, ARTI KESUKSESAN, dan segala hal yang masih erat kaitannya dengan KEBERHASILAN. Fasilitator bercerita mengenai kekuatan bahasa Inggris yang dipercaya oleh orang Amerika untuk menuju SUKSES.  Fasilitator juga mengajak peserta berdiskusi tentang CARA MENCAPAI KESUKSESAN. Kira-kira kata apa yang mungkin muncul sebagai cara untuk menggapai kesuksesan. Tentunya, kata tersebut lebih baik dalam bahasa Inggris.
2.      Sembari peserta berpikir, fasilitator juga menyampaikan prosedur permainan berupa konversi huruf alfabetis menjadi angka sesuai urutannya.
A = 1 ; B = 2 ; C =3 ; D =4 ; E = 5 ; … dan seterusnya hingga Z = 26.
3.      Fasilitator kemudian menanyakan kepada peserta, “Bagaimana cara kita harus menggapai kesuksesan?”
4.      Mungkin peserta ada yang menjawab HARDWORK. Fasilitator menuliskan di papan tulis kata tersebut. Fasilitator juga menguraikan kata HARDWORK dan mengkonversikannya dengan angka-angka sesuai urutan hurufnya. Misalnya, cara menggapai kesuksesan adalah dengan kerja keras (HARDWORK):
H   +    A   +    R   +    D   +    W   +    O   +    R   +    K
8    +    1    +    8   +     4   +    23   +    15  +   18  +    11 = 98%
5.      Fasilitator membantu menghitungkan jawaban-jawaban lain yang mungkin disampaikan peserta (Lihat contoh!)
6.      Setelah banyak jawaban dihitung tingkat prosentasenya demi menggapai kesuksesan dan ternyata belum ada yang mencapai 100%, fasilitator memberitahukan kata kunci untuk menggapai kesuksesan, yaitu ATTITUDE (sikap/tingkah laku):
A         T          T          I           T          U         D         E
1   +     20   +   20   +   9    +    20   +   21   +   4    +    5 = 100%
7.      Fasilitator melakukan feedback, bahwa KESUKSESAN SANGAT DITENTUKAN OLEH SIKAP/TINGKAH LAKU KITA.
e.       Contoh                        :
1.            K         N         O         W        L          E          D         G         E (pengetahuan)
11  +    14   +   15   +   23   +   12   +   5    +    4    +    7    +    5 = 96%
2.            L          O         B         B         Y         I           N         G (pendekatan)
12  +    15   +   2    +    2    +    25  +    9    +    14   +   7 = 86%
3.            L          U         C         K (keberuntungan)
12  +    21   +   3    +    11 = 47%                    
f.       Makna dan Nilai       :
1.   KESUKSESAN SANGAT DITENTUKAN OLEH SIKAP/TINGKAH LAKU KITA.
g.      Kata Mutiara             :
1. Kesuksesan bukanlah berupa titik pencapaian sesuatu. Kesuksesan adalah suatu proses keberhasilan yang berkesinambungan.
h.      Rahasia Kunci           :
A = 1 ; B = 2 ; C =3 ; D =4 ; E = 5 ; … dan seterusnya hingga Z = 26
i.        Variasi Permainan    :
1.   Fasilitator bisa berimprovisasi dengan memperbanyak langkah permainan ini.
2. Selain langkah permainan yang diperbanyak, membuat peserta berkelompok dan memberikan prosedur permainan yang berbeda-beda antar kelompok juga dapat dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar